Perangkat Manajemen Proyek Sistem Informasi


Manajemen Sumber Daya Manusia 
  • Karyawan adalah sumber daya perusahaan 
    • Karyawan sebagai sumber daya perusahaan, sebaiknya :
      • digunakan secara efesien.
      • Penggunanya harus efektif 
    • Hal Terpenting dalam Manajemen SDM 
      • Motivasi 
      • kekuatan dan pengaruh 
      • peningkatan efektivitas
Motivasi SDM
  • Pemenuhan kebutuhan pemakai dipergunakan sebagai motivator
  • Hierarki kebutuhan (by Maslow)
    • Kebutuhan Fisiologis 
    • kebutuhan keamanan 
    • kebutuhan sosial 
    • kebutuhan dihargai
    • kebutuhan aktualisasi diri
  • Faktor higiene (by Herzberrg)
    • Bila tidak ada menimbulkan ketidakpuasan, bila ada dapat menjadi motivator
    • motivasi untuk mencapai 
      • pencapaian dan penghargaan 
      • Tanggung jawab 
      • kemajuan 
      • pertumbuhan
Teori X ( Klasik menurut McGregor)
  • Karywan tidak menyukai dan berusaha menghidari kerja
  • manager harus memaksa , mengacam dan mengawasi ketat
Teori Y ( Hubungan antar Manusia ):
  • Karywan bukannya tidak menyukai kerja, tetapi memandang kerja sebagai sesuatu hal yan alami, sebagaimana halnya bermain dan beristriahat.
  • hal yang paling memuaskan adalah :
    • 1. Dihargai
    • 2. Aktuakisasi diri 
Teori Z menurut william Ouchi 1981
  • Motivasi sangat dipengaruhi 
    • kepercayaan atasan terhadap karyawan 
    • karywan ingin hasil nya bermutu
    • pendapt karywan dihargai dengan pengambilan keputusan kolektif
    • nilai nilai budaya di indahkan
  • adanya :
    • Rotasi Kerja 
    • Perluasan Keterampilan 
    • Generalissasi 
    • pelatihan berkelanjutan
5 Daya utama dalam organisasi 
  1. Daya untuk memaksakan 
  2. Daya yang berlegitimasi 
  3. Daya berdasar keahlian
  4. Daya berdasar penghargaan 
  5. Daya referen (berbasi karisma)
Manajemen SDM Proyek \
  • Kegiatan untuk mendapatkan manfaat(efektivitas) tertinggi dalam penggunaan personil proyek.
  • Disamping hal-hal penting yang sifatnya umum, Manager proyek perlu mewaspadai :
    • Sifat sementara pada proyek  :
      • hubungan antar  personal bisa beda pada proyek yang berbeda
      • pada fase / tahap yang berbeda, sifat dan jumlah stakeholder bisa berbeda
      • perlunya kegiatan administrasi unutk mendukung penilaian kesesuaian hasil proyek
Manajemen SDM Proyek Mencakup Kegiatan 
  1. Merencakanakan SDM Proyek 
  2. Akuisisi tim Proyek 
  3. membangun tim proyek
  4. mengelola tim proyek 
Prinsip-prinsip Organisasi adalah nilai-nilai yang digunakan sebagai landasan kerja bagi setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut untuk mencapai keberhasilan tujuan yang telah disepakati .

Diatara prinsip-prinsip dalam organisasi adalah :
  1. Tujuan Organisasi yang jelas
  2. tugas yang dilakukan harus jelas
  3. pembagian tugas yang adil
  4. penempatan posisi yang tepat
  5. adanya koordinasi dan integrasi
Fungsi Organisasi Proyek 
  • Merupakan Sarana, Tempat tim bekerja sama 
  • Merupakan pusat pengaturan tentang kerjasamadilaksanakan
  • merupakan pusat pembagian pekerjaan 
  • merupakan pusat pembagian wewenang dan tanggung jawab 
Struktur Organisai Proyek 




Organisasi Fungsional 

Organisasi Koordinasi Manajer Proyek 


Organisasi Matrik Lemah



Organisasi Matrik Seimbang 


Organisasi Matrik Kuat 



TIM PROYEK 

  • Semua pihak yang secara aktif ikut menangani penyelenggaraan proyek.
  • Tim inti dan organisasi fungsional pendukung proyek yang dipimpin secara vertikal oleh manajer fungsional dan dikoordinasikan secara horizontal oleh manajer proyek yang bertugas mengurus dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan di kantor pusat proyek

TIM INTI PROYEK 


Organisasi yang dibentuk khusus untuk secara penuh bertugas menyelenggarakan pekerjaan proyek yang dipimpin oleh manajer/ pimpinan proyek 


FUNGSI TIM INTI PROYEK 

  • Memadukan kegiatan-kegiatan proyek, baik kegiatan oleh bidang fungsional perusahaan ybs atau oleh sub-kontraktor dan rekanan.
  • Melakukan komunikasi dan sumber informasi ke dalam perusahaan ybs atau ke luar, seperti dengan pihak pemilik proyek dan organisasi operasi. 
  • Sebagai pusat kegiatan perencanaan dan pengendalian dalam aspek biaya, jadual, dan mutu.
FAKTOR YANG MENENTUKAN TIM INTI PROYEK 

  1. Besar kecilnya ukuran lingkup kerja proyek
  2. Kompleksitas kegiatan proyek
  3. Macam kontrak
  4. Keinginan tim pemilik
  5. Faktor geografis dan komunikasi antara lokasi proyek dan kantor pusat
  6. Adanya kepentingan khusus dari perusahaan 

KRITERIA YANG DISARANKAN UNTUK MEMBENTUK TIM INTI PROYEK ( R.D. ARCHIBALD, 1976)
  1. Mereka yang berurusan dengan aspek-aspek manajemen di proyek
  2. Mereka yang diperlukan full time sekurang-kurangnya 6 bulan berturut-turut oleh tim inti
  3. Mereka yang sifat pekerjaannya memerlukan selalu dekat berhubungan dengan manajer/pimpinan proyek atau dengan tim inti lain.
  4. Mereka yang tidak dapat diawasi dan dikendalikan dengan baik karena sebab-sebab jarak dan geografis atau pertimbangan-pertimbangan organisasi
TUGAS  :
1. Jika Anda Ditunjuk sebagai Ketua Tim Proyek , yang dimana antara anda diberikan Hak memilih anggota tim , Jelaskan menurut pendapat anda berdasarkan jurnal yang anda ketahui : bagaimana cara memilih anggota tim proyek sistem informasi ?